join whit me...!!!!

Selasa, 19 April 2011

Café Churreria : Jajanan Kaki Lima Khas Spanyol yang Sedang Berjaya

CHURROS atau lebih dikenal sebagai donatnya orang Spanyol merupakan jajanan kaki lima yang sangat populer. Di negara asalnya, makanan ini dijual di gerobak dan penjualnya biasanya sudah berumur 40-50 tahunan.


Bentuknya panjang, bulat dengan tepian bergerigi seperti kaktus. Terbuat dari beberapa jenis tepung, air dan sedikit garam. Disajikan dalam keadaan panas dengan diberi taburan gula bubuk dan pilihan dipping atau cocolan rasa coklat atau vanilla. Biasanya masyarakat Spanyol menjadikan churros sebagai menu sarapan. Kini, churros juga bisa ditemukan di Jakarta, tepatnya di Grand Indonesia West Mall.
Churros datang ke Indonesia dengan gaya yang lebih berkelas. Tidak dengan gerobak kaki lima tapi di kafe yang nyaman. Meski beda tempat tapi gaya penyajiannya masih sama. Churros baru digoreng saat pesanan datang. Mesin pembuat churros diletakkan di atas tungku penggorengan.
churreria2-deeTinggal diputar dan dipotong sesuai ukuran dan digoreng sampai berwarna kuning keemasan. Potongan churros disajikan dengan dua pilihan taburan gula putih atau cinnamon. Sementara untuk dipping-nya ada pilihan dark chocolate, milk chocolate, white chocolate dan caramel.
Menurut kami sih taburan gula putih jauh lebih enak meski kalau wangi, cinnamon lebih menggoda. Sementara dipping yang paling pas, dark chocolate dan white chocolate. Rasanya lebih hao chi kalau dipadukan dengan churros. Buat yang memilih take away, churros dimasukkan dalam kotak terbuka. Jadi bisa disantap sambil jalan dengan dipping yang ditempatkan di kotak kecil.
Ayushita, salah satu selebriti yang kerap tampak menghabiskan waktu di kafe ini bersama rekan-rekannya sambil menikmati churros. Di hari-hari weekend, sedikit sulit mendapatkan tempat duduk yang kosong. Apalagi di sofa yang berada di pinggir. Ocehan orang yang terpaksa mengantre untuk menikmati churros ini sering sekali terbaca di twitter café churreria.

Churreria
Grand Indonesia, West Mall
UG#30A
T : 021 2358 1805
Buka : 11.00-22.00
Harga : Rp. 24.000-48.000 (churros)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar